Posted in

Eksistensi pustakawan IAIN Kediri dalam peningkatan indeks literasi

Literasi merupakan komponen penting dalam meningkatkan kecerdasan dan taraf hidup suatu bangsa. Pustakawan sebagai garda depan peningkatan literasi di masyarakat harus mampu berperan aktif dalam peningkatan indeks literasi bangsa.

Mengingat pentingnya peningkatan literasi masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Propinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) bersama-sama pustakawan atau pengelola perpustakaan, khususnya perpustakaan perguruan tinggi yang berada di wilayah Propinsi Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 11-12 September 2024 di Hotel Java Paragon Surabaya.

Kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) diikuti oleh perwakilan dari 64 orang pustakawan perguruan tinggi dari seluruh wilayah Jawa TImur. Perpustakaan IAIN Kediri diwakili oleh Bu Hanifiyah yang merupakan Pustakawan pengelola layanan sirkulasi dan sekaligus penggerak literasi di Perpustakaan IAIN Kediri. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran aktif perpustakaan perguruan tinggi dalam meningkatkan kemajuan perpustakaan sesuai dengan Standart Nasional Perpustakaan (SNP). Selain itu juga, diharapkan kedepannya ada kesesuaian persepsi, kesepakatan dan pemahaman bersama antara perpustakaan perguruan tinggi dengan Pemerintah Propinsi terkait dengan peran perpustakaan dan peningkatan indeks literasi masyarakat.

Dalam kegiatan ini juga dihadirkan pemateri-pemateri diantaranya adalah Ir. Tiat S.Suwardi, M.Si, Dr. Adin Bondar, Profesor Ida Fajar, dan Profesor Rahma Sugihartati. Inti dari paparan para pemateri adalah mengajak pustakawan perguruan tinggi untuk mengambil peran dalam peningkatan indeks pembangunan literasi masyarakat ( IPLM ) di provinsi Jawa Timur.