Posted in

PKL siswa SMKN 1 Pogalan Trenggalek di Layanan Administrasi

Praktik kerja lapangan merupakan pembelajaran bagi peserta didik SMK yang dilaksanakan melalui praktik kerja di dunia kerja dala jangka waktu tertentu  sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan dunia kerja. PKL merupakan metode pembelajaran yang di tujukan terutama untuk mengajarkan proses proses yang para  ahli terrapkan dalam menangani tugas tugas yang kompleks di dunia kerja. Metode pembelajaran ini merupakan cara belajar melalui pengalaman untuk memperoleh sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terjadi di dunia kerja yang relevan dngan kompetensi yang dipilih oleh peserta didik.

            Diah Ayu Triningsih dan Izza Amirawati siswi kelas 3 dari SMKN Pogalan Trenggalek melakukan PKL dilayanan administrasi selama 5 minggu dimulai pada tanggal 20 Juni 2024. Para siswi melakukan layanan beruba bebas Pustaka, keanggotaan, rekap data, penggunaan SLIMS dan persuratan. Tak hanya belajar bagaimana cara melayani di bagian administrasi, mereka juga mempelajari hal teknis, seperti bagaimana cara menggunakan printer, bagaimana melakukan scan dan fotocopi. Selain itu mereka mempelajari bagaimana melayani mahasiswa atau pemustaka yang baik. Para siswa sudah terbekali dengan kemampuan dasar computer sehingga kami hanya mengarahkan jika mereka mengalami kesulitan. Para siswa nantinya juga akan belajar di layanan lainnya untuk mendapatkan pengalaman bekerja, seperti di sirkulasi, koleksi umum, dan pengolahan.

            Di harapkapkan, selesainya siswa melakukan PKL di administrasi, mereka memiliki pengalaman kerja di bagian administrasi yang layanannya sangat beragam. Dan mereka dapat memiliki pengalaman bagaimana melayani dan menghadapi mahasiswa yang sangat beragam, kedisiplinan dalam dunia kerja, dan cara bersosialisasi dengan rekan kerja,