Dalam kajian Jum’at 15 Juli 2022 Bapak Komarudin menekankan kepada jamaah yang hadir untuk senantiasa meningkatkan kwalitas ketakwaan nya kepada Allah SWT.

Ada banyak jalan serta cara untuk dapat meningkatkan kwalitas ketakwaan seorang hamba kepada Rob nya bagaikan banyak jalan menuju Roma itu pribahasanya. Dari sekian contoh aksi ketaqwaan adalah suka memberikaan maaf, Islam sangat menekankan untuk berprilaku pemaaf terhadap sesama walaupun itu sangat sulit hal tersebut sesuai dengan yang tertera salam al qur’an  surat al-Hijr ayat 85, Maka maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik.” Juga

Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk memaafkan orang-orang musyrik atas tindakan mereka menyakiti dan mendustakan beliau.  Sebab, Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang berbuat kebajikan dan memaafkan. 

Sifat memaafkan adalah pintu terbesar menuju terciptanya rasa saling mencintai di antara sesama manusia. ”Jika orang lain mencerca kita, sebaiknya kita membalasnya dengan memberi maaf dan perkataan yang baik.

Kemudian manusia juga di tuntut untuk berbuat adil, baik adil bagi dirinya maupun adil bagi orang lain, sebetulnya bersifat adil sangatlah mudah untuk dikerjakan kita membuang sampah di tempat sampah merupakan sebuah prilaku yang adil karena telah meletakan sampah pada tempatnya, begitu pula kita bekerja di perpustakaan maka sangat adil apabila kita setipa hari selalu membaca buku walaupun itu sebuah kata pengantar dari sebuah buku, waallahu’alam