Perpustakaan IAIN Kediri – Kegiatan seminar yang diadakan perpustakaan dengan tema “Menulis Kreatif Dalam Platform Digital Bagi Mahasiswa” ini bertujuan untuk membekali mahasiswa mengembangkan ide-ide kreatif meraka dalam membuat cerita dan menerapkan dalam penulisan yang kreatif untuk dipublikasikan. Seminar ini juga bertujuan untuk mencari bakat mahasiswa yang nantinya akan di ikutkan dalam syakal, dimana syakal ini merupakan platform digital yang menampung karya tulis mahasiswa yang nantinya akan di publikasikan pada platform tersebut.

Dalam sambutan Rektor IAIN Kediri, Wahidul Anam menyampaikan bahwa mendukung kegiatan ini untuk mendukung dan memotovasi mahasiswa dalam menulis kreatif. Rektor IAIN Kediri juga menyampaikan dalam lima tahun kedepan, keunggulan tempat pendidikan tidak lagi tentang bangunan yang luas. Melainkan tempat pendidikan yang memanfaatkan teknologi digital sebagai layanan pendidikan. misalnya pembelajaran secara digital/online, referensi waqfeya situs berbahasa arab ini memiliki koleksi ribuan kitab berbahasa arab dll.

Narasumber 1, Marsita Sri Wahyuni, S.S. menjelas tentang langkah-langkah penulisan kreatis yang menarik dan sesuai aturan. Serta meberikan pelatihan penulisan sederhana, dimana mahasiswa membuat naskah cerita sikat dan membacakan langsung hasil dari naskah yang dibuat.

Narasumber 2, Mahfudz Syarif, S.Kom menjelaskan tentang SEO sebagai ketentuan publikasi karya tulis yang sesuai keyword dan langkah pengindeksan sesuai ketentuan google. Tujuan SEO ini untuk untuk optimisasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan. Serta di akhiri dengan Q&A tentang SEO.

Dalam akhir acara, penyerahan sertifikat penghargaan untuk Pemenang Apresiasi Pembaca Terbaik Pustaka Digital IAIN Kediri dan foto bersama.