Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Dalam sambutanya pada Bimtek Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi di IIK Wiyata Bakti Kediri  bahwa perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini telah membawa perubahan yang pesat pula dalam pengelolaan Perpustakaan. Oleh karena itu diperlukan transformasi pembelajaran dan transformasi pengelolaan perpustakaan dalam rangka membekali dan menyiapkan lulusan pendidikan tinggi agar menjadi generasi yang unggul dan siap menghadapi tantangan zaman.

Maka Paradigma perpustakaan harus berubah. Fungsi Perpustakaan 10% menjalankan manajemen koleksi, 20% menjalankan manajemen ilmu pengetahuan, dan 70% menjalankan transfer ilmu pengetahuan. Sehingga pustakawan pun perlu bertransformasi, terutama dalam menjamin mutu/kualitas perpustakaan sebagai komponen penting dalam implementasi MBKM.

Peran perpustakaan dan pustakawan dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi lulusan perguruan tinggi, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman. Dalam rangka implementasi kebijakan MBKM, maka dibutuhkan pustakawan yang profesional dan kompeten yang mampu mendukung ekosistem riset di perguruan tinggi

Untuk mendukung MBKM, perpustakaan didorong untuk membekali diri dan berproses karena menjadi ahli tidak bisa dilakukan secara instan. Tidak hanya itu, transformasi perpustakaan perguruan tinggi juga dapat dilakukan pada sisi penerapan TIK, pengayaan koleksi, layanan, ruang, dan operasional, serta fungsi-fungsi perpustakaan sesuai dengan generasi dan perkembangan zaman.

Kegiatan BIMTEK kepala perpustakaan perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh FP2TI wilayah Jawa Timur bekerja sama dengan IIK Bhakti Wiyata Kediri berlangsung dari tanggal 20 sd 21 Juni 2022 bertempat di IIK Bhakti Wiyata  dan diikuti oleh 22 peserta Turut memberikan mater para pustakawan serta nara sumber yang ahli di bidangnya  yaitu Bapak Ida Fajar Priyanto, Ph.D.   dengan tema Library and Librarian Branding dan Bapak Dr. Koko Srimulyo, M.Si.   dengan tema MSDM dan Psikologi Pustakawan serta pengurus FPPTI Jawa Timur dengan berbagai materi yang menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *