Perpustakaan Institut Agama Islam Kediri merupakan unit yang memiliki peran strategis dalam proses belajar mengajar di kampus IAIN Kediri. Beberapa peran penting perpustakaan diantaranya adalah sebagai sumber referensi dan sumber belajar, sebagai pusat deposit karya ilmiah, sebagai sarana rekreasi sebagai unit layanan mahasiswa dan lain sebagainya. Untuk dapat mengakomodir semua kegiatan tersebut, maka perpustakaan harus mampu mengelola perpustakaan secara baik. Salah satu ciri pelayanan yang baik adalah kemudahan akses bagi pemustaka.

Pengelolaan perpustakaan IAIN Kediri saat ini sudah terintegrasi dengan aplikasi online berbasis web. Salah satu keunggulan aplikasi berbasis web adalah kemudahan dalam pengaksesan database. Perpustakaan IAIN Kediri memiliki layanan berbasis online diantaranya adalah layanan buku digital, repository dan database koleksi. Berkaitan dengan koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan IAIN Kediri, Database koleksi Perpustakaan sudah dapat diakses melalui link http://opac.iainkediri.ac.id/. OPAC (Online Public Acces Catalogue) merupakan halaman untuk temu kembali koleksi yang ada di perpustakaan. Sebelum penelusuran langsung ke rak buku, alangkah baiknya melakukan penelusuran koleksi melalui OPAC terlebih dahulu.

Penelusuran koleksi sangat penting untuk memastikan bahwa koleksi yang diinginkan tersedia di perpustakaan. Hasil penelusuran menggunakan OPAC memberikan informasi tentang judul koleksi yang ada di perpustakaan dan juga status koleksi. Yang dimaksud status disini adalah bisa atau tidaknya koleksi tersebut dipinjam. Status koleksi di perpustakaan IAIN Kediri adalah :

  1. Koleksi umum yang dapat dipinjam untuk dibawa pulang.
  2. Koleksi Referensi yang hanya dapat dibaca di tempat
  3. Koleksi tendon yang dapat dipinjam dengan waktu terbatas.

Saat ini, Perpustakaan IAIN Kediri mempunyai koleksi sekitar 20.000 judul dan sekitar 50.000 eksemplar. Untuk memudahan pencarian, maka proses pertama yang dilakukan ketika ke perpustakaan adalah melakukan pengecekan melalui computer OPAC atau penelusuran koleksi melalui aplikasi daring. berikut ini akan di tampilkan proses penelusuran koleksi menggunakan katalog online (OPAC).

 

Penelusuran koleksi

1. Buka link alamat OPAC online di http://opac.iainkediri.ac.id/

2. Pada beranda depan terdapat menu info perpustakaan, Cek Peminjaman Buku, Pustakawan dan bantuan pencarian. Info perpustakaan berisi tentang informasi yang berkaitan dengan perpustakaan. Cek Peminjaman Buku merupakan menu untuk melakukan pengecekan buku yang sudah dipinjam pemustaka sekaligus riwayat buku apa saja yang sudah pernah dipinjam. Menu Pustakawan berisi tentang petugas-petugas yang dimiliki oleh perpustakaan. Dan menu Bantuan Pencarian berisi tentang bantuan singkat penelusuran buku secara online.

Penelusuran cepat (sederhana)

Penelusuran cepat merupakan penelusuran secara sederhana berdasarkan kata yang mewakili judul koleksi, pengarang, tema (subyek) dan lain sebagainya. Kelemahan dari pencarian sederhana ini adalah hasil pencarian menjadi semakin banyak dan tidak spesifik. Namun jika masih kebingungan dalam mencari referensi, model pencarian ini sangatlah bagus untuk menjaring judul-judul koleksi yang kita inginkan. Untuk melakukan penelusuran sederhana, cukup dengan mengetikkan kata kunci pada kotak dialog pencarian.

1. Masukkan kata kunci dan klik tombol pencarian (tekan tombol enter). Contoh :

2. Hasil pencarian

Keterangan :

Hasil pencarian memuat informasi tentang jumlah judul yang sesuai dengan kata kunci dan detail-detail judul koleksi.

Penelusuran Secara spesifik

Penelusuran spesifik merupakan penelusuran koleksi berdasarkan kata tertentu saja. Misalkan nama pengarang saja, subyek (tema) buku dan lain sebagainya. Langkah-langkah penelusuran hamper sama dengan penelusuran cepat, namun yang membedakan adalah sebelum proses penelusuran harus menentukan kategori penelusuran. Langkah-langkah penelusuran secara spesifik adalah :

1. Klik tombol pencarian spesifik dibawah dialog box pencarian

2. Menentukan jenis pencarian berdasarkan kategori

Kategori dibagi menjadi 7, yaitu

Judul : pencarian koleksi berdasarkan kata kunci pada field (bagian) judul saja.

Pengarang : pencarian yang hanya focus pada field pengarangnya saja

Subyek : pencarian berdasarkan tema

ISBN/ISSN : pencarian berdasarkan nomer ISBN buku

GMD (General Material Designation) : pencarian berdasarkan jenis bahan koleksi seperti slide, text, globe, software, video dan lain sebagainya. Namun di Perpustakaan IAIN Kediri hanya memiliki koleksi dengan GMD text saja.

Tipe Koleksi : pencarian berdasarkan tipe koleksi. Di Perpustakaan IAIN Kediri terdapat 9 (Sembilan) tipe koleksi yaitu koleksi umum, koleksi referensi, koleksi tendon, koleksi BI Corner, laporan penelitian, prosiding, skripsi, tesis dan disertasi.

Lokasi : untuk saat ini, koleksi hanya ada di Perpustakaan Pusat IAIN Kediri.

3. Masukkan kata kunci ada kotak dialog yang tersedia dan tekan enter.

4. Hasil pencarian

Keterangan : ditemukan 2.537 koleksi yang berkaitan dengan subyek pendidikan.

Menampilkan data hasil penelusuran

1. Untuk menampilkan detail hasil penelusuran, silahkan klik pada tulisan judul koleksi yang sesuai atau klik tombol “detail cantuman”.

2. Tampilan detail catuman

Detail Rekod memuat keterangan :

Judul dan nama pengarang : Manajemen pendidikan : mengatasi kelemahan pendidikan islam di indonesia

Edisi : Cet. 6

Nomor panggil : 2X7.3068598 ABU m

Ini berkaitan dengan kode katalogisasi yang menentukan dimana buku. koleksi itu disimpan. Sebagai contoh : pada nomor panggil tertulis 2X7.3068598 ABU m,

Anda bisa mendapatkan buku tersebut di rak dengan nomor 2X7.3068598.

ABU berarti nama awal pengarang

m berarti abjad pertama dari judul buku tersebut (Pendidikan Islam – Manajemen).

ISBN/ISSN   : 9793465026

Pengarang : Abuddin Nata

Subyek         : Pendidikan Islam – Manajemen — Indonesia

Klasifikasi    : 2X7.3068598

Bentuk media : Buku Tercetak

Bahasa : Indonesia

Penerbit      : Prenadamedia Group

Tahun terbit : ©2003, 2018

Tempat terbit : Jakarta

Kolasi : xvi, 417 hlm., ilus. ; 23 cm (Kolasi adalah jumlah halaman dan tinggi buku)

3. Hal-hal yang perlu di perhatikan adalah

Setelah berhasil melakukan penelusuran, beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicatat sebelum menelusur ke rak buku adalah :

a. Melihat ketersediaan koleksi

Ketersediaan koleksi menunujukkan apakah koleksi dapat dipinjam atau tidak, sedang dipinjam atau tidak dan jika masih dipinjam oleh pemustaka lain, terdapat informasi kapan seharusnya koleksi tersebut harusnya dikembalikan.

Informasi-informasi yang terdapat di bagian ketersediaan adalah :

Kode Koleksi : yaitu kode eksemplar buku yang ada di perpustakaan

Nomer Panggil : yaitu informasi tentang lokasi buku di rak. Biasanya ditandai dengan angka dan diikiti oleh 3 huruf kapital dan 1 huruf kecil.

Lokasi : yaitu letak ruangan koleksi berada

Ketersediaan : ada 3 kategori yaitu tersedia (bisa dipinjam), tersedia namun tidak untuk dipinjamkan (hanya bisa dibaca ditempat), dan terpinjam (koleksi sedang dipinjam oleh pemustaka lain).

b. Mencatat Nomer panggil

Informasi nomer panggil terdapat dalam detail koleksi. Nomer panggil berisi informasi tentang :

Nomer kode katalogisasi : 371.2 (Ini berkaitan dengan kode katalogisasi yang menentukan dimana buku itu disimpan dalam rak.

Kode pengarang : ABU berarti 3 digit awal nama pengarang

Kode Judul : m berarti abjad pertama dari judul buku tersebut.

 

Penutup

Dari bekal informasi yang didapatkan dari penelusuran di OPAC (Online Public Acces Catalogue) ini, maka pemustaka akan lebih mudah dalam mencari koleksi yang ada di rak. Dan yang perlu diingat dan dicatat dalam penelusuran adalah informasi Judul buku, ketersediaan koleki dan nomer panggil buku yang akan dicari.