Selain koleksi yang berbasis tercetak, Perpustakaan IAIN Kediri juga mempunyai beberapa koleksi yang berbasis digital online. Salah satu koleksi tersebut adalah koleksi skripsi, tesis, disertasi online dan koleksi repository. Koleksi skripsi, tesis dan disertasi online yang disebut sebagai koleksi etheses merupakan koleksi-koleksi karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa-mahasiswa IAIN Kediri yang tidak dipublikasikan secara resmi. Sedangkan repository adalah koleksi-koleksi karya ilmiah baik non karya ilmiah mahasiswa yang dihasilkan oleh dosen, karyawan dan civitas akademika lainnya baik sudah dipublikasikan ditempat lain atau dalam format lain, ataupun yang tidak dipublikasikan. Untuk memudahkan deposit dan juga memudahkan akses terhadap koleksi-koleksi tersebut, maka dibuatlah wadah untuk menampung karya-karya tersebut dengan harapan bahwa koleksi-koleksi tersebut dapat dijadikan sebagai literatur pengembangan karya ilmiah. koleksi ini dapat diakses melalui alamat http://etheses.iainkediri.ac.id/  dan http://repository.iainkediri.ac.id/ .

Untuk menelusur koleksi-koleksi yang ada di dalam kedua database tersebut, berikut langkah-langkah penelusurannya :

1. Masuk ke aplikasi etheses atau repository online di alamat link http://etheses.iainkediri.ac.id/  dan http://repository.iainkediri.ac.id/.

2. Di beranda depan terdapat menu :

Simple Search : Untuk pencarian koleksi secara cepat berdasarkan judul yang dicarai, pengarang atau tema.

Latest Addition : berisi list koleksi-koleksi terbaru

Search Repository : menampilkan beberapa model pencarian koleksi

About this repository : berisi tentang informasi repository

Policy Repository : berisi tentang informasi aturan main dalam repository.

 

3. Selain terdapat list tampilan dihalaman utama, dalam beranda terdapat menu-menu untuk melihat fasilitas dalam database seperti :

Statistics : yang digunakan untuk melihat statistik penggunaan koleksi.

Browse : yaitu pilihan list koleksi berdasararkan tahun koleksi, subyek yang dibahas, devisions (fakultas, jurusan dan unit), dan pengarang koleksi.

 

4. Form Login

Koleksi etheses dapat diakses secara full text oleh semua orang kecuali bab paparan data, bab pembahasan dan halaman lampiran. Untuk dapat mengakses secara full text halaman tersebut harus mendaftar login dulu secara offline di ruang Repository Perpustakaan IAIN Kediri dengan membawa Kartu Mahasiswa IAIN Kediri yang masih aktif dan terdaftar secara aktif sebagai anggota perpustakaan.

 

5. Penelusuran koleksi melalui menu Browse

Menu browse terdapat di bawah header web.

Penelusuran melalui menu browse ini dibagi menjadi 4 (empat) kategori yaitu :

 

Browse by Year.

Yaitu menampilkan koleksi berdasarkan tahun terbit (cetak) koleksi skripsi. Koleksi yang dimiliki diurutkan berdasarkan tahun terbit dan terdapat informasi jumlah koleksi pada tahun tersebut. Misalkan saja pada tahun 2020 terdapat koleksi sebanyak 41 judul koleksi dengan keterangan 2020 (41).

Untuk melihat koleksi-koleksi tahun 2020, klik pada angka tahun yang diinginkan dan secara otomatis akan menampilan koleksi tahun 2020 yang sudah terurut berdasarkan abjad.

 

Browse by Subject

Koleksi-koleksi yang diupload kedalam etheses diklasifikasikan menurut klasifikasi ANZSRC (Autralian and New Zealand Standard Research Classification). Standart ini digunakan untuk memudahkan pengelompokan judul koleksi berdasarkan tema-tema yang dibahas dalam karya ilmiah tersebut. Untuk menelusur koleksi berdasarkan subyek yang dibahas, silahkan klik menu Browse by Subject.

Seperti halnya browse by year, browse by subject menampilkan koleksi yang sudah dipilah-pilah berdasarkan tema tulisan dan menampilkan informasi jumlah koleksi yang membahas tema tersebut. Kemudian judul-judul yang terdapat didalamnya ditampilkan berurutan berdasarkan abjad.

Browse by Devision

Menu Browse by Devision mengelompokkan koleksi berdasarkan Fakultas dan kemudian di perinci lagi kedalam pengelompokkan berdasarkan program studi yang ada di IAIN Kediri.

Tampilan browse by devision memuat informasi jumlah total koleksi yang ada di etheses IAIN Kediri, kemudian di perinci berdasarkan Fakultas dan kemudian diperinci lagi berdasarkan Program Studi. Informasi yang ditampilkan adalah informasi devisi (IAIN Kediri, Fakultas, Program Studi) beserta jumlah koleksi yang ada di etheses. Ketika di klik list yang ada, maka koleksi akan di perinci lagi berdasarkan tahun terbit koleksi.

Dan kemudian koleksi dalam devisi dan tahun tersebut akan ditampilkan berdasarkan urutan abjad.

Browse by Author

Menu ini menampilkan koleksi berdasarkan pengarang yang diurutkan berdasarkan urutan abjad.

 

6. Menu Simple Search

Menu ini digunakan untuk pencarian secara cepat tanpa penggunaan parameter tertentu. Data yang ditampilkan adalah data yang memiliki kemiripan dengan kata kunci yang dimasukkan dalam kotak dialog pencarian. Misalkan saja pencarian koleksi dengan kata kunci “ekonomi”.

Maka akan ditampilkan koleksi berdasarkan kata kunci “ekonomi” (bisa judul yang mengandung kata ekonomi, tema yang mengandung kata ekonomi dan lain sebagainya). Informasi juga menampilkan jumlah koleksi yang mengandung kata ekonomi.

 

7. Menu Latest Edition

Menu latest edition menampilkan list koleksi yang diupload dalam sat minggu terakhir.

 

8. Menu Search Repository

Menu ini merupakan fasilitas pencarian berdasarkan beberapa parameter yaitu :

Document : Jenis dokumen. Dokumen dibagi menjadi beberapa kategori seperti artikel, book, book chapter, thesis dan lain sebagainya.

Title : pencarian berdasarkan kata kunci judul.

Creators : pencarian berdasarkan kata kunci pengarang.

Abstracts : pencarian berdasarkan kata kunci yang ada dalam abstrak.

Date : pencarian berdasarkan kata kunci tanggal atau tahun koleksi.

Subjects : pencarian berdasarkan kata kunci tema.

Item type : pencarian berdasarkan kata kunci type koleksi.

Departement : pencarian berdasarkan kata kunci departemen (devision).

Editors : pencarian berdasarkan kata kunci editor

Status : pencarian berdasarkan kata kunci status publikasi

Refereed : pencarian berdasarkan kata kunci reviewer

Journal or Publication Title : pencarian berdasarkan kata kunci judul publikasi

 

9. Menampilkan hasil pencarian

Setelah proses pencarian selesai. Langkah selanjutnya adalah menampilkan koleksi yang sesuai dengan yang diinginkan. Klik pada tulisan judul yang diinginkan. Informasi yang ditampilkan dalam halaman adalah judul koleksi, metadata (pengarang, penerbit, tahun dan lain sebagainya), list file digital, abstrak, tipe koleksi, subyek, devisi, dan beberapa item peblikasi karya ilmiah di etheses.

Jika dalam list koleksi digital terdapat keterangan “Restricted to Registered users only” maka harus melakukan registrasi dulu untuk mengakses file tersebut. Jika keterangan koleksi “Restricted to Administrator only”, maka yang berhak mengakses hanya administrator level admin saja. Untuk menampilkan file digital koleksi, klik pada tombol download (…).