Mudah mencari referensi Karya Ilmiah dengan Publish or Perish

Bingung mencari referensi untuk penelitian, skripsi tesis kita? Kayaknya bukan jamannya lagi untuk bingung mencari referensi. Kalau dulu kita harus mencari informasi secara manual, maka di era akses terbuka (open acces) saat ini kita sangat dimudahkan dalam mencari referensi untuk karya ilmiah atau artikel yang akan dibuat. Salah satu tools (alat) yang dapat digunakan untuk menelusur dan memanen informasi adalah software Publish or Perish.

Publish or perish dirancang untuk membantu individu ataupun akademisi untuk mencari dan manganalisis sumber informasi yang dibutuhkan. PoP (Publish or Perish) juga dapat membantu menyeleksi artikel-artikel di database online sesuai dengan kualitas artikel tersebut. Software ini digunakan untuk mengambil dan menganalisis kutipan akademik. Jadi tidak hanya mencari, PoP juga dapat menyaring kualitas artikel atau informasi dan kemudian menyajikannya dalam metadata yang baik.

Dalam default aplikasi PoP, kita dapat mengambil dari sumber-sumber referensi dari database besar artikel atau karya ilmiah seperti google scholar, scopus, web science, microsoft academic, PubMed (berkaitan dengan topik medis) dan Crosref. Untuk penyedia yang berbayar, kita dapat mengkoneksikan PoP dengan database tersebut menggunakan API yang diberikan oleh penyedia database artikel berbayar tersebut. Hasil pencarian artikel dari sumber data tersebut masih dalam bentuk mentah kemudian dilakukan analisis dan disajikan dalam bentuk metrik. Penyajian tersebut meliputi :

  1. Jumlah artikel yang ditemukan dan jumlah sitasi terhadap artikel tersebut;
  2. Kutipan rata-rata per makalah, kutipan per penulis, makalah per penulis, dan kutipan per tahun;
  3. Hirsch H-Index dan parameter yang berkaitan;
  4. Egghe G-Index;
  5. Rata-rata peningkatan H-indek individu;
  6. Tingkat kutipan berdasarkan usia artikel;
  7. Analisis jumlah penulis per makalah.

Publish or Perish dapat di download melalui situs https://harzing.com/resources/publish-or-perish/windows secara gratis. Langkah-langkah dalam mengaplikasikan software Publish or Perish ini sebagai berikut :

1. Download dan Instal aplikasi Publish or Perish

2. Antar muka PoP terdiri dari menu, history pencarian, sumber-sumber informasi yang dapat diintegrasikan dengan PoP dan antarmuka hasil pencarian artikel.

3. Untuk pendahulan pencarian sumber referensi, terlebih dahulu harus menentukan sumber informasi tempat data yang akan dipanen. Misalkan saja menggunakan google schoolar. Maka kita           harus mengklik tombol google schoolar.

4. Setelah menentukan sumber data, selanjutnya kita dapat mencari referensi yang dibutuhkan. Dalam jendela pencarian, terdapat beberapa parameter yang dapat digunakan yaitu :

    Authors untuk pencarian berdasarkan pengarang

   Years untuk membatasi tahun penerbitan seperti artikel yang terbit antara tahun 2015 – 2020.

   Publication name untuk menentukan tipe publikasi jika pencarian dibatasi oleh tipe artikel tertentu seperti book, journal dan lain-lain.

   Title Words untuk mencari artikel yang mengandung kata atau kalimat tertentu.

   Keywords untuk mencari artikel dengan kata kunci tertentu

   Maximum number of results digunakan untuk membatasi jumlah artikel yang akan ditampilkan

5. Pencarian dilakukan dengan memasukkan parameter di point 4. Misalkan saja pencarian artikel dengan judul “Pendidikan Anak Usia Dini” yang diterbitkan dalam bentuk jurnal saja antara tahun 2015 sampai dengan 2021. Hasil pencarian yang ditampilkan hanya sebanyak 100 artikel saja. Maka pengisiannya sebagai berikut ;

6. Hasil pencarian data yang ditampilkan adalah h-index (cite), per year (tingkat akses dalam tahun), rank (menunjukkan kualitas artikel), pengarang, judul, tahun, publikasi, penerbit dan tipe artikel.

Disebelah kiri layar menampilkan statistik pencarian sedangkan di sebelah kanan menampilkan metadata hasil pencarian.

7. Hasil pencarian software PoP ini dapat disimpan dan juga dapat diintegrasikan dengan software manajemen referensi seperti medeley atau zotero. Model penyimpanan yang dianjurkan adalah penyimpanan dalam format RIS/Referensi Manager. Karena dengan penyimpanan dalam format RIS ini memungkinkan data untuk diolah dan dianalisis kedalam aplikasi lain seperti medeley, zotero atau VOSViewer.

Ternyata dalam mencari sumber informasi karya ilmiah tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya dalam hitungan detik, kita dapat mengumpulkan sumber informasi karya ilmiah yang dibutuhkan sesuai dengan tema yang akan diteliti. Teknologi sangat mempermudah perkembangan ilmu pengetahuan dan open access membantu kemajuan ilmu pengetahuan. Dengan menggalakkan open access terhadap karya ilmiah yang dimiliki berarti telah membantu dan memberikan sumbangsih besar terhadap kemajuan ilmu pengetahuan yang kita dalami.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About author

Pesantren Corner

Pesantren Corner merupakan sarana yang menyajikan berbagai macam literatur dan koleksi intelektual karya kyai pondok pesantren yang ada di Kediri. Dengan berkumpulnya karya tersebut memudahkan ...