Kunjungan dan Penandatangan MoU antara Perpustakaan IAIN Kediri dengan Perpustakaan Universitas Darussalam Gontor

Pada hari Jum’at tanggal 19 Maret 2021 kemarin, Perpustakaan IAIN Kediri kedatangan tamu istimewa dari Perpustakaan Universitas Darussalam Gontor. Kunjungan Perpustakaan Universitas Darussalam Gontor kali ini bertujuan untuk mempererat kerjasama antara Perpustakaan IAIN Kediri dengan Universitas Darussalam Gontor. Terutama dalam bidang teknologi informasi yang digunakan untuk pengelolaan perpustakaan.

Pada kunjungan kali ini, Universitas Darussalam Gontor diwakili oleh Ibu Leli yang merupakan pustakawan di Universitas Darussalam Gontor dan beberapa orang pengelola perpustakaan. Beliau menyampaikan salam dari Bapak Ustat Syamsul (Kepala Perpustakaan Universitas Darussalam Gontor) yang pada kesempatan kali ini berhalangan hadir karena ada acara lain. Beliau juga menyampaikan keinginan Universitas Darussalam Gontor untuk bekerjasama terutama dalam bidang pengembangan dan penerapan teknologi informasi di Universitas Darussalam Gontor.

Pada kunjungan kali ini juga diadakan diskusi ringan berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan. Beberapa persoalan yang muncul dalam pengelolaan perpustakaan diantaranya adalah adanya kehilangan data otomasi perpustakaan karena proses upgrading. Permasalahan tersebut bisa terjadi karena adanya perbedaan versi web servernya. Hal ini menyebabkan beberapa data yang tidak terbaca dan perlu adanya re-indexing data.

Selain itu, ustad Ibrahim (senior staf Perpustakaan Universitas Darussalam Gontor) juga menyampaikan permasalahan yang berkaitan dengan pemilihan subyek pengelolaan repository. Dalam pengelolaan repository (khususnya yang menggunakan software eprints), subyek default yang digunakan adalah Library Of Congress (LOC). Karena beberapa detail kebutuhan pengelompokan berdasarkan subyek tertentu yang belum dapat diakomodir oleh LOC, maka perlu alternatif standart klasifikasi subyek yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk klasifikasi yang digunakan oleh beberapa perguruan tinggi islam (khususnya yang menggunakan eprints) adalah dengan menggunakan standart klasifikasi Dewey Decimal Classificatin (DDC) dan Australian and New-Zealand Standart Research Classification (ANZSRC). Tinggal perlu beberapa penyesuaian sesuai kebutuhan.

Dalam pertemuan ini juga ditandatangani nota kesepahaman (MoU) antara Perpustakaan IAIN Kediri dengan Perpustakaan Universitas Darussalam Gontor. Dengan adanya penandatanganan MoU ini diharapkan kerjasama dan silaturrohmi antara Perpustakaan IAIN Kediri dengan Perpustakaan Universitas Darussalam Gontor bisa semakin erat dan dapat memberikan sumbangsih kemajuan perpustakaan dimasa yang akan datang.

        

About author

Pendaftaran Perpustakaan Digital IAIN Kediri

Sehubungan dengan masih banyaknya kesalahan dalam mengisi data pendaftaran perpustakaan digital IAIN Kediri dan juga masih banyaknya civitas akademika IAIN Kediri yang belum mendaftarkan diri ...