MENUMBUHKAN KESADARAN MINAT BACA DI GENERASI ERA MILENIAL

Dengan membaca, seseorang mengarahkan pandangan keluar.Bacaan membuka mata dan pikiran,ternyata diluar sana dunia sangat luas. Semakin mata tercelik dengan membaca, semakin seseorang merasa belum melihat banyak.Oleh karena itu, membaca dapat mengubah bukan hanya sudut pandang atau mind set seseorang, tapi juga bisa mengubah hidup secara total.

Sehingga dengan membaca, seseorang tidak hanya mendapatkan pencerahan,tetapi juga bisa muncul dari membaca itu kemudian diolah, disistematisasikan, dikemas ke dalam sebuah tulisan yang menarik dan layak jual.

Tingkat membaca masyarakat Indonesia akan semakin berkembang, seiring dengan pemahaman pentingnya membaca dan latihan yang terus menerus.Jika manusia adalah makhluk pembelajar, maka kecepatan membaca orang Indonesia yang berkisar antara 150 – 300 KPM pasti meningkat berbanding lurus dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perubahan perkembangan zaman sangat mempengaruhi fungsi perpustakaan tidak lagi sebagaimana seperti dahulu. Keberadaan perpustakaan dapat menjadi pendongkrak pengetahuan masyarakat.. Kunjungan ke perpustakaan berkurang dari tahun ke tahun. Pada akhirnya para siswa lebih tertarik untuk menghabiskan waktu liburannya dengan bermain games di gadged ketimbang membaca di perpustakaan. Sehingga dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat mengalihkan  perhatian generasi milenial.

Dengan membaca buku  manfaatnya yaitu::

  1. Bisa memperluas ilmu pengetahuan sejak dini.
  2. Menambah wawasan serta ,ilmu pengetahuan dengan sering membaca buku untuk mencapai prestasi.
  3. Ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dengan gemar membaca adalah membantu mewujudkan program pemerintah.
  4. Kegiatan sering membaca generasi era milenium akan memperoleh pengetahuan praktis yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Supaya tidak bodoh maka kita biasakan untuk sering membaca.
  6. Kebiasaan membaca kita bisa mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar maupun di seluruh dunia. Yang mungkin bisa berhubungan dengan ilmu pengetahuan, sehingga dapat menerapkan dengan kehidupan yang nyata.dengan cara gemar membaca.
  7. Untuk menambah ilmu pengetahuan bagi diri kita sediri, maka kita sebagai generasi milenial perlu meningkatkan pengetahuan serta wawasan informasi dengan cara membaca. meningkatkan pengetahuan serta menambah ide-ide.

Untuk hal ini,masyarakat  harus mempunyai kesadaran diri untuk mau membaca buku sejak dini, karena dapat mempunyai manfaat yang cukup besar bagi diri sendiri.

Selain itu, dengan membaca, orang lebih terbuka cakrawala pemikirannya. Melalui bacaan, seseorang berkesempatan melakukan refleksi dan meditasi, sehingga budaya baca lebih terarah kepada budaya intelektual dari pada budaya hiburan yang dangkal. Salah satu kunci dasar tersebut, yaitu dengan membaca, karena seseorang yang gemar membaca, pasti memiliki gagasan, dan jika memiliki gagasan, diikuti usaha membangun gagasan tersebut menjadi kenyataan.

Beberapa cara  untuk bisa menumbuhkan minat baca seseorang serta meningkatkan minat baca bagi diri sendiri,yaitu dengan cara :

  1. Meningkatkan dan menumbuhkan motivasi untuk membaca.

Minat baca seseorang harus dimulai dari diri kita sendiri supaya bisa meningkatkan dan menumbuhkan tujuan tersebut. Dalam diri kita sendiri selalu kita tanamkan untuk kebiasaan membaca. Selain itu, SDM kita akan meningkat  jika kita mau membaca dan juga bisa menambah perbendaharaan pengetahuan di dalam diri kita sehingga . Sehingga dengan membaca  akan bisa memberikan dampak positif bagi hidup kita di masa depan.

  1. Keinginan untuk membaca buku sesuai dengan judul yang diinginkan

Untuk menumbuhkan minat baca, maka semangat dan salah satu tujuan untuk menumbuhkan minat membaca akan bisa tercapai. Sebaiknya pilihlah buku atau sumber bacaan dengan tema yang kita inginkan. Salah satu penyebab sering berhenti membaca di tengah jalan karena telah memiliki mindset bahwa buku adalah bacaan yang sangat membosankan dan berat bagi orang yang tidak biasa menyukai membaca buku.

Untuk memilih buku yang sesuai dengan minat kita maka, dengan cara memilih buku yang berbeda beda yang sesuai dengan karakteristik masing-masing buku. Sehinga kita juga bisa memilih buku-buku yang ringanyang kita butuhkan, misalnya yang judulnya mengandung kata, langkah, tips, kiat, dan seterusnya. Bisa juga, novel yang tidak terlalu tebal atau kumpulan-kumpulan cerpen bisa menjadi pilihan.

Supaya kita bisa membantu generasi era milenial maka kita perlu menumbuhkan minat baca yang antara lain yaitu dengan cara:

  1. Mengatur jadwal khusus untuk bisa membaca setiap hari.
  2. Mengusahakan untuk bisa membeli buku seminggu sekali..
  3. Waktu menunggu bisa juga dimanfaatkan untuk membaca buku.
  4. Bisa juga mempunyai list untuk membaca buku yg lagi popular atau rekomendasi.
  5. Bisa belajar yang Effective Reading.
  6. Sebelum tidur atau waktu istirahat kita bisa menggunakan waktu untuk belajar membarca.
  7. Untuk membaca bisa kita target sendiri.
  8. Meluangkan waktu untuk belajar berdiskusi dan bergabung di suatu Komunitas.

Buku adalah sebagai salah satu perangkat komunikasi massa yang merupakan suatu hal yang sangat penting dalam memacu minat baca oleh masyarakat. Dengan membaca merupakan suatu kegiatan yang paling dasar dalam dunia  pendidikan serta kebiasaan yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari  yaitu dengan membaca, serta masyarakat juga bisa menemukan ide-ide baru untuk bisa mendapatkan informasi yang terbaru, dan juga bisa untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas.

Adanya cara memberi fasilitas serta buku yang lengkap di perpustakaan yaitu sudah bisa memberi solusi untuk bisa meningkatkan minat membaca. Bisa juga dengan cara yang lain yaitu membuat perpustakaan keliling dari satu daerah ke daerah lainnya. Supaya masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dapat juga bisa menikmati buku bacaan. Menumbuhkan minat baca selain itu adalah dengan cara menumbuhkan motivasi yaitu dengan cara meningkatkan dan menumbuhkan minat baca yang harus dimulai dari diri kita sendiri. Tanamkan dalam diri kita bahwa dengan membaca pemikiran kita menjadi terbuka atas hal-hal yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Sumber:

Putra, R. Masri Sareb. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT. Indeks

http://www.kompasnia.com/minat baca di era milineal/diakses tanggal 18 November 2020

http://www.dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Metro,diakses tanggal 18 November 2020, jam 14.33.PM

http://www.potret gallery, diakses tanggal 19 November 2020,jam 10.02 AM

http://www.Yayasan Pengembangan Anak Bangs, diakses tanggal 26 November 2020, jam 14.16 PM

Sudarsono, Undang. Pembinaan MInat Baca. Modul 1

Oleh Nurwarniatun, MH

About author