FUNGSI SERTA MANFAAT LAYANAN ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE (OPAC) DI PERPUSTAKAAN

Yang sudah dirasakan oleh masyarakat dalam kehidupan di era globalisasi sekarang ini, perkembangan pusat teknologi informasi saat ini sangat berkembang dengan pesat. Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Perpustakaan perguruan tinggi mempunyai fungsi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sehingga perpustakaan perguruan tinggi sering disebut sebagai ”jantung universitas” sebagai penunjang informasi di perguruan tinggi (Sutarno NS 2006). Wahyu Supriyanto berpendapat bahwa (dalam Ismi Rahmah Hidayati, 2015) beliau megatakan bahwa Online Public Acces Catalogues bisa disingkat (OPAC) merupakan sebuah system yang digunakan oleh perpustakaan sebagai alat bantu bagi semua pengguna atau user dalam melakukan katalog koleksi perpustakaan.

Keistimewaan OPAC adalah para pemakai perpustakaan dapat mengakses katalog dari tempat manapun dan kapan saja. Selain itu,OPAC memberi kemudahan bagi penguna dalam memakainya maupun menyediakan keakuratan dalam menghadirkan data,dapat diakses oleh beberapa orang sekaligus pada saat yang sama, dan memberikan keleluasaan pada pengakses untuk memilih tajuk entri,pengarang, judul, subyek, atau penerbit menggunakan logika Boolean.

 

Yang dimaksud dengan tujuan penyediaan OPAC adalah :Pengguna dapat mengakses secara langsung ke dalam pangkalan data yang dimiliki perpustakaan menurut pendapat Kusmayadi (2006 : 53).
Sehingga bisa mengurangi beban biaya dan waktu yang telah diperlukan dengan mudah oleh semua pemustaka. Dengan bisa memberikan kemudahan untuk semua pengguna dalam mencari bahan-bahan  informasi,dan mengurangi biaya atau beban pekerjaan dalam pengelolaan pangkalan data sehingga dapat juga meningkatkan dan meringankan efisiensi tenaga kerja. Bisa juga mempercepat pencarian informasi yang bisa juga melayani kebutuhan informasi maysarakat dalam jangkauan yang luas.Untuk memberikan kepuasan kepada semua pengguna dan staf perpustakaan serta mempercepat pencarian buku yang telah  tersedia di perpustakaan adalah tujuan penyediaan OPAC di perpustakaan.

Apabila kriteria pelayanan berkualitas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka semua pelayanan perpustakaan akan bisa memberikan kepuasan bagi pustakawan.Dan perpustakaan akan menjadi pusat sumber belajar atau sering disebut juga sebagai “Jantung Universitas”.

 

Dari generasi yang terbaru dengan sistem katalog perpustakaan yang telah dibedakan dari OPAC sebelumnya dengan penggunaan teknologi pencarian yang lebih canggih, termasuk peringkat relevansi dan pencarian segi , serta fitur yang ditujukan untuk interaksi dan partisipasi pengguna yang lebih besar dengan sistem, termasuk penandaan dan ulasan. Dari fitur baru ini sangat bergantung pada metadata yang ada yang mungkin buruk atau tidak konsisten, terutama untuk rekaman lama.

Platform katalog yang lebih baru mungkin tidak bergantung pada sistem perpustakaan terintegrasi (ILS) organisasi, alih-alih menyediakan driver yang memungkinkan sinkronisasi data antara dua sistem. Untuk Sementara antarmuka katalog online dengan yang asli hampir secara eksklusif dibuat oleh vendor ILS, perpustakaan semakin banyak mencari katalog generasi mendatang yang dibuat oleh perusahaan pencarian perusahaan dan proyek perangkat lunak sumber terbuka , yang sering kali dipimpin oleh perpustakaan itu sendiri.  Biaya yang terkait dengan sistem baru ini, bagaimanapun juga, telah memperlambat peggunaannya /penerapannya, terutama di institusi yang lebih kecil.

Apabila kriteria pelayanan berkualitas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka semua pelayanan perpustakaan akan bisa memberikan kepuasan bagi pustakawan.Dan perpustakaan akan menjadi pusat sumber belajar atau sering disebut juga sebagai “Jantung Universitas”.

Oleh : Nurwarniatun, M.H

About author