WORKSHOP APLIKASI SLIMS MENDUKUNG PENCAPAIAN STANDAR PERPUSTAKAAN

Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 13 tahun 2017 telah mengatur mengenai Standar Nasional Perpustakaan Peguruan Tinggi. Beberapa aspek yang harus dipenuhi sesuai standar tersebut antara lain koleksi, sarana dan prasarana perpustakaan, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan, dan pengelolaan perpustakaan. Dalam hal pengelolaan perpustakaan terdapat sebuah teknologi yang telah digunakan di perpustakaan yaitu aplikasi system manajemen informasi perpustakaan. Aplikasi ini membantu para pengelola atau pustakawan dalam melakukan pengelolaan koleksi, layanan dan pelaporan kegiatan berbasis aplikasi tersebut.

Perpustakaan IAIN Kediri berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan workshop guna memfasilitasi para pengelola perpustakaan di wilayah kota dan Kabupaten Kediri dan khusus pustakawan Perpustakaan IAIN Kediri dalam melakukan pengelolaan perpustakaan agar sesuai dengan standar yang ada. Kegiatan workshop tersebut bertemakan : “Operasionalisasi aplikasi Slims tingkat lanjut”. Peserta yang mengikuti merupakan pengelola perpustakaan dan pustakawan yang telah mengetahui dan menggunakan aplikasi Slims tingkat dasar. Sehingga kegiatan ini merupakan pengayaan atau lanjutan dari penguasaan aplikasi slims tingkat dasar.

Kegiatan workshop yang dilaksanakan pasa Selasa 3 November 2020 tersebut dilaksanakan di Perpustakaan IAIN Kediri. Kegiatan workshop diawali dengan pembukaan acara yang dimulai pukul 08.30-09.00 WIB. Pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor I, Kepala Perpustakaan dan Narasumber kegiatan. Acara dimulai dengan pembacaan surat alfatihah yang dipimpin oleh pembawa acara  Veryza Aulia Adhani. Susunan acara berikutnya berupa prakata panitia dan sambutan serta pembukaan acara. Prakata panitia disampaikan oleh Kepala Perpustakaan (Komarudin,S.Ag., SS, M.Hum), berikutnya sambutan Wakil Rektor I (Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag.) sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya kepala Peprustakaan IAIN Kediri menjelaskan mengenai maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan : “Kegiatan ini dimaksudkan untuk membekali para pengelola perpustakaan atau pustakawan untuk dapat meningkatkan kemampuan mengoperasikan aplikasi Slims. Setelah mereka menguasai maka diharapkan kemampuan tersebut berguna dalam meningkatkan karir dan mendukung terhadap pencapaian perpustakaan dalam memenuhi standar nasional perpustakaan”.

Wakil Rektor I mendukung terhadap kegiatan workshop tersebut dan berharap perpustakaan dapat memenuhi standar yang ada kemudian melakukan usulan untuk melaksanakan akreditasi perpustakaan. Dr. Ahmad Subakir menyampaikan : “Pimpinan IAIN Kediri mendukung terhadap kegiatan yang dilakukan peprustakaan terutama dalam mengembangkan perpustakaan dalam era digital, peningkatan karir para pustakawan dan standarisasi perpustakaan IAIN Kediri melalui akreditasi perpustakaan”. Beliau berharap perpustakaan dapat memperoleh nilai terbaik dari kegiatan akreditasi.

Setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan Workshop yang menghadirkan Joko Susilo, ST sebagai narsumber pertama dan moderator Imam Yanuar, S.Pd. Acara dimulai pkl 09.00 – 12.00 WIB. Adapun materi yang disampaikan mengenai topik “Pelaporan pada aplikasi slims guna mendukung tujuan perpustakaan”. Sessi pertama ini diawali dengan presentasi oleh narsumber  dan tanya jawab narasumber dengan peserta.

Berikutnya dilanjutkan dengan sessi 2 dengan narasumber Muhamad Hamim, S.KOm. M.Pd. membahas topik “Pengelolaan data keanggotaan dan bibliografi melalui impor data”. Peserta diajak untuk memahami proses pengelolaan data keanggotaan dan bibliografi dilanjutkan dengan praktek impor data. Selain presentasi di awal sessi, praktek, dan tanya jawab seputar problematika pengelolaan data perpustakaan dalam Slims. Kegiatan sessi dua dilaksanakan mulai pukul 13.00 dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. (Komarudin)

About author