PODCAST BUKU : Menyimak Berbagai Hal Tentang Buku Dari Podcast

Bagi penggemar baca buku mengetahui perkembangan penerbitan buku sangat penting. Sedikit pun jangan sampai terlewatkan mengenai perkembangan buku. Pengetahuan tentang buku apa yang baru terbit, buku apa yang masuk kategori best seller, atau buku yang menarik untuk dibaca harus selalu diikuti. Ada berbagai cara untuk dapat mengikuti perkembangan penerbitan buku yaitu melalui katalog penerbit, resensi buku di surat kabar atau majalah baik cetak maupun online. Pada media online terdapat sebuah media yang salah satunya berisi tentang dunia perbukuan yaitu melalui Podcast.

Apa itu podcast. Kata Podcast merupakan dua kata yaitu Pod dan Cast. Kata pod merupakan singkatan dari Playable on Demand. Kata Cast singkatan dari broadcast artinya siaran. Ada juga yang menyebutkan bahwa podcast berasal dari kata iPod dan broadcast“Podcast adalah berkas digital berupa audio yang pendengarnya diharuskan mengunduh terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan audio tersebut”.[1] Pada awal kehadirannya tahun 2004 dirancang untuk diputar pada Mac dan iPod. Beberapa Platform yang memberikan akses terhadap podcast diantaranya adalah Podcast Spotify, Google Podcast, Apple Podcast dan lain-lain. Dalam Paltform tersebut Anda dapat memilih berbagai konten podcast sesuai dengan kebutuhan atau kegemaran Anda baik berita, musik, pendidikan, budaya dan lain-lain.

Podcast ini mirip dengan siaran radio namun Anda dapat memilih siaran apa yang akan didengarkan. Beberapa manfaat podcast diantaranya[2] :

  1. Melatih imajinasi. Konten podcast disajikan melalui audio yang mendorong pendengarnya untuk membayangkan apa yang sedang disampaikan dalam rekaman podcast. Hal ini mendorong imaginasi pendengarnya.
  2. Menjadi pendengar yang lebih baik. Karena podcast merupakan rekaman suara maka aktivitas mendengarkan podcast akan melatih Anda untuk menjadi pendengar yang lebih baik. Anda dikondisikan untuk menyimak pembicaraan dari awal sampai akhir untuk dapat memahami konten yang disajikan.
  3. Belajar hal baru. Konten podcast yang menyajika beragam topik dapat memberikan kesempatan untuk Anda untuk mempelajari hal baru. Anda dapat memilih topik yang menarik menurut Anda dari hal-hal baru yang disajikan podcast.
  4. Dapat dinikmati kapan dan dimana saja. Selain manfaat tersebut, Anda dapat dengan mudah mendengarkan konten podcast kapan saja dan dimana saja.

Dengan berbagai kelebihan tersebut saat ini banyak pembuat konten atau content creator berlomba lomba membangun konten di podcast. Satu diantaranya yaitu podcast buku, sebagaimana maksud dari topik tulisan ini. Berikut ini beberapa podcast buku yang dapat Anda simak untuk dapat mengetahui berbagai hal mengenai buku, antara lain :

  1. Podcast Kutu Buku

Aditya Hadi, pemilik podcast ini, membahas tentang berbagai hal yang menarik dari dunia literasi. Diantara konten yang disajikan yaitu review buku dari berbagai genre, obrolan dengan penulis, atau wawancara dengan penerbit, serta hal-hal lain yang dirasa perlu diperbincangkan dalam dunia buku.

Terdapat dua segmen yang disajikan dalam mereview buku. Segmen pertama  mengenai deskripsi buku mulai dari judul, penulis, penerbit dan tahun terbit, dan disajikan dibuat ringkasan isi dari buku tersebut.  Segmen kedua berupa penilaian terhadap buku dengan cara pemberian “bintang”  dengan maksimal lima bintang sebagai yang terbaik disertai alasannya. Di akhir segmen disampaikan kesimpulan dari review buku tersebut. Contoh buku yang sudah direview antara lain Sampar, Leonardo Da Vinci, KKN di Desa Penari dan lain-lain.

  1. Podcast Teman Buku

Irma Nurhayati memiliki alasan khusus mengapa membuat podcast buku. Bagi dia buku adalah jendela dunia, ia dapat melihat membayangkan sesuatu lewat sebuah buku. Buku merupakan tempat berbagi ilmu yang sangat baik. Itulah alasan yang mendorongnya membuat podcast ini. Tema yang dibahas dalam Podcast Teman Buku yaitu sharing soal buku dan review buku. Genre buku yang dibahas tidak terbatas pada fiksi saja tetapi buku nonfiksi juga direview di podcast ini. Selain itu dalam episode tertentu dibahas juga topik kehidupan sehari-hari atau tema yang menarik secara acak. Beberapa buku yang sudah direview di podcast ini diantaranya Womenpreneurchecklist, Aku berdiri disini, Pesona ibadah Nabi dan lain-lain.

  1. Podcast Main Mata

Podcast ini membahas topik seputar buku dan bacaan. Dipandu oleh Patricia Wulandari. Ia mengenalkan dirinya dengan panggilan Peti. Ini adalah podcast buku yang membahas banyak hal seputar dunia buku mulai dari obrolan dengan para pelaku, rekomendasi buku, pembacaan cerpen. Di Podcast ini juga ada tantangan yang ditujukan buat para pembaca. Review buku yang ada di podcast ini lebih rinci dan mendalam. Selain Anda dapat mendengarkan penilaian terhadap suatu buku, Anda juga dapat memperoleh pengetahuan lebih banyak dari isi buku yang sedang direview. Sesuatu yang agak berbeda dengan podcast lain, podcast ini memiliki konten yang lebih beragam. Beberapa cerpen yang dibaca di podcast ini antara lain : cerpen “perempuan” dan cerpen “memori”.

  1. Sahabat Buku

Podcast ini merupakan sebuah podcast yang membahas ulasan buku dan pengalaman pembaca setelah membaca buku. Podcast ini juga membahas hal-hal mengenai pengalaman membaca, literasi dan sastra. Podcast Sahabat buku ini lebih terasa keberagaman kontennya. Tidak melulu menyajikan ulasan buku namun ada juga sharing session dengan pelaku atau tokoh perbukuan, bincang buku dengan penulis, poetry corner, dan kolaborasi dengan pembaca buku. Host podcast ini yaitu @rastiti_era. Beberapa buku yang diulas antara lain karya Tere Liye, Furnio Sasaki, Iman Usman, atau Darmadi Darmawangsa. Podcast ini dapat dinikmati di anchor, Spotify, google podcast dan sejenisnya.

  1. Kepo Buku

Podcast Kepo Buku diisi oleh tiga orang sahabat yang memiliki rasa ingin tahu (kepo) dengan berbagai buku bacaan. Tiga orang tersebut yaitu Steven Sitongan (Ambon), Hertoto Eko (Singapura) dan Rane Hafied (Bangkok). Ketiganya biasa berkumpul secara virtual untuk membhasa berbagai hal tentang buku. Beberapa Segmen yang disajikan selain membahas tentang buku, yaitu segmen TK atau tamu keren, mengundang tamu yang diajak ngobrol tentang dia dan macam hal lain tentang kehidupannya. Ada juga segmen IMSTO (in my sok tahu opinion) ini semacam blog dengan suara. Segmen BBM Belajar Bareng Mpud belajar materi homeschooling dengan anak dari Hafied. Menyimak podcast ini seolah berkumpul langsung dengan berbagai macam orang yang memiliki pengalaman dalam membaca buku.

  1. Tentang Buku

Pengembangan diri. Topik inilah yang menjadi topik utama dalam podcast ini. Karena ini podcast tentang buku maka topik pengembangan diri ini bersumber dari buku yeng berisi tentang pengembangan diri. Harapan pemiliki podcast ini yaitu membantu pendengarnya mempermudah dan meningkatkan kualitas kehidupan. Ivandana, pemilik podcast ini, menuturkan bahwa banyak yang bingung dalam memilih buku yang cocok untuk dibaca dalam pengembangan diri. Itulah yang melatar belakangi ia memilih topik khusus ini untk membantu pendengarnya dlm memilih buku dengan tujuan pengembangan diri.

Itulah beberapa podcast pilihan yang khusus berisi perbincangan mengenai buku. Anda dapat membuka dan mendengarkan podcast tersebut untuk berbagai tujuan baik untuk mengetahui isi buku tertentu atau untuk mengetahui perkembangan mengenai perbukuan dari berbagai sudut pandang. Semoga bermanfaat.

[1] Eril, Mengenal apa itu podcast & perkembangannya saat ini, Qwords.com, diakses 07-09-2020

[2] Tak hanya menghibur, berikut 4 manfaat dari mendengarkan podcast, kumparan.com, diakses 09-09-2020

by Komarudin

About author