Pelayanan Tanpa Kontak Fisik, Di Era New Normal

Virus Corona ( COVID 19 ) telah melanda seluruh penjuru dunia, Bahkan dunia pendidikan telah berhenti saat ini secara kontak fisik , Menteri pendidikan yang saat ini mempunyai bigron di gital telah membuat gebrakan bahwa kini saatnya memulai tantangan baru tanpa harus kontak fisik lagi dunia baru yaitu dunia digital. Era digital adalah masa dimana semua manusia dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun saling berjauhan. Kita dapat dengan cepat mengetahui informasi tertentu bahkan real time. Menurut Wikipedia, era digital bisa juga disebut dengan globalisasi. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya yang banyak disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi dan internet.

Bagi anak-anak jaman now, internet seakan-akan jadi kebutuhan primer. Mereka banyak menghabiskan waktu di depan smartphone atau komputer daripada melakukan aktivitas diluar ruangan  Mereka dapat dengan mudah mencari informasi.

Era digital adalah masa di mana semua serba mudah dan tidak ada batasannya. Kamu bisa mengerjakan apapun secara mobile. Bahkan sekarang ini pendidikan mengunakan online untuk siswanya  yang tidak mengharuskan siswanya datang. Hanya butuh media online, mereka bisa melakukan segala sesuatu dengan mudah.

Perpustakaan IAIN Kediri membuka layanan pengembalian dan layanan  perpanjangan buku, layanan sirkulasi, sirkulasi berasal dari bahasa inggris (CIRCULATION ) yang mempunyai arti perputaran, peredaran. layanan sirkulasi adalah kegiatan peredaran koleksi perpustakaan di luar perpustakaan. layanan sirkulasi membuka layanan offline dan layanan online, untuk layanan online perpustakaan sudah menyiapkan alur perpanjangan buku bagi pemustaka , pemustaka bisa mengajukan permohonan perpanjangan pinjam online tapi dengan syarat2 sebagai berikut,

Buku yang akan di lakukan perpanjangan melalui online belum pernah di perpanjang sebelumnya, hanya 1 x perpanjangan dan belum mendapatkan keterlambatan buku.

Petunjuk teknis layanan pengajuan perpanjangan buku bagi mahasiswa selama periode Study from home

  1. Mahasiswa cek data pinjaman buku melalui http://opac.iainkediri.ac.id
  2. Ada data pinjaman buku
  3. Kirim capture web http://library.iainkediri.ac.id atau perpustakaan@iainkediri.ac.id disertai Nama dan Nim – Barcode kirim ke nomor WA* Petugas Perpustakaan
  4. Petugas melakukan validasi
  5. Sesuai
  6. Petugas mengirimkan bukti perpanjangan pinjam melalui aplikasi WA
  7. Selesai

Dan dalam situasi apapun layanan perpustakaan IAIN Kediri tetap memberikan yang terbaik untuk pemustakanya

 

Oleh : Aqul Mashuri

Pustakawan Pertama IAIN Kediri

 

About author