Perpustakaan Ideal

Perpustakaan pada awalnya hanyalah suatu tempat atau ruangan yang berisi susunan buku yang diatur sedemikian rupa agar mudah ketika digunakan sewaktu waktu. Perpustakaan juga lebih sering di artikan unit kerja dari suatu lembaga pendidikan yang merupakan tempat penyimpanan buku – buku untuk penunjang pendidikan. Namun semakin berkembangnya jaman, perpustakaan semakin luas artiannya. Saat ini perpustakaan bukan hanya tempat penyimpanan buku yang identik dengan pustakawan yang galak, namun pustakawan sebagai sarana rekreasi atau sarana bersantai.

Bersaing dengan perkembangan jaman, perpustakaan tidak boleh sampai ketinggalan jaman dalam hal layanan. Jangan sampai pemustaka merasa enggan, malas atau kapok berkunjung di perpustakaan karena merasa tempat itu tidak bermanfaat dan tidak menyenangkan. Jika terjadi hal itu pada akhirnya perpustakaan akan di tinggalkan pemustakannya dan hanya sebagai tempat pemanis atau ”asal ada” “pokoknya ada entah itu berfungsi atau tidak”.

Berkembangnya teknologi yang semakin pesat ini mendorong perpustakaan menambah fungsinya sebagai sarana rekreasi dimana bukan hanya sekedar mencari buku dan referensi namun juga sebagai tempat healling dari penatnya rutinitas sehari hari. Ketika perpustakaan menjadi sarana rekreasi maka tidak hanya hiburan dari penatnya rutinitas sehari hari namun juga mendapat tambahan manfaat yaitu bertambahnya informasi baru.

Berbicara mengenai sarana hiburan, hal ini merupakan sudut pandang yang subyektif. Jadi setiap orang memiliki sudut pandang berbeda ketika berhubungan dengan kenyamanan diri. Ada orang yang suka tempat yang sunyi untuk menjernihkan fikiran sambil membaca buku. Ada orang yang membutuhkan teman diskusi untuk menyelesaikan masalah. Ada pula orang yang membutuhkan dua duanya.

Bagaimanakan perpustakaan yang menyenangkan bukan hanya sebagai tempat koleksi buku – buku saja??

  1. Perpustakaan yang mengikuti trend jaman dahulu yaitu berisi koleksi buku yang hanya berisi koleksi seadanya tanpa adanya koleksi referensi lainnya. terdapat pustakawan yang galak dan kesan yang menyeramkan. Dan ruangan yang sunyi tanpa ada suara karena pemustaka dilarang berisik.
  2. Perpustakaan yang menyediakan koleksi beragam yang dapat menarik pemustaka mengunjung perpustakaan. Petugas perpustakaan yang ramah dan murah senyum, selalu siap siaga ketika pemustaka membutuhkan bantuan. Fasilitas yang nyaman dan menyenangkan.
  3. Perpustakaan yang mengikuti trend anak muda jaman now yaitu perpustakaan yang instagramable, tempat bersantai sambil membaca buku. Selain mendapat tambahan ilmu dan informasi, pemustaka mendapat kesan yang menyenangkan dan ingin berkunjung lagi setelah berkunjung di perpustakaan tersebut.

Namun, melihat semakin beragamnya harapan pemustaka tentang fungsi perpustakaan. Maka tidak bisa semuanya di sediakan oleh perpustakaan sekolah atau perpustakaan perguruan tinggi yang terikat oleh lembaga. Namun berbeda dengan perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi semakin maju dalam hal layanan peyedia informasi, seperti menyediakan banyak ruangan yang memiliki berbagai manfaat masing masing.

Jadi, perpustakaan bagaimana yang merupakan perpustakaan idealmu??

 

Oleh: Veryza Aulia Adhani

Kru Perpustakaan IAIN Kediri

About author