PEMANFAATAN LAYANAN FOTO COPY DI PERPUSTAKAAN IAIN KEDIRI

Mesin fotokopi dimanfaatkan untuk mengandakan sebuah dokumen. Mesin fotokopi banyak digunakan di kantor sesuai fungsinya tersebut. Selain itu banyak juga orang yang membuka usaha jasa penggandaan dokumen dengan memanfatkan mesin foto kopi ini. Kegiatan menggandakan dokumen banyak dilakukan untuk keperluan penyebaran informasi yang ditujukan ke banyak orang atau pihak yang berkepentingan. Keperluan tersebut sangat terbantu dengan adanya mesin fotokopi ini. Begitu juga dengan perpustakaan. Perpustakaan memanfaatkan mesin foto kopi ini untuk memberikan pelayanan kepada pemustaka yang akan menggandakan beberapa halaman dari koleksi perpustakaan baik buku, jurnal atau skripsi agar mereka dapat membacanya di luar perpustakaan.

Perpustakaan IAIN Kediri telah lama memberikan layanan jasa fotokopi. Dalam buku panduan Perpustakaan IAIN Kediri 2015 disebutkan bahwa terhitung mulai tahun 2005 layanan fotokopi telah ada di perpustakaan. Layanan fotokopi ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna perpustakaan dalam menggandakan koleksi yang dibutuhkannya. Dengan adanya jasa layanan fotokopi ini meraka tidak perlu keluar perpustakaan untuk memfotokopi buku tersebut. Dengan demikian pada awalnya layanan fotokopi ini menjadi andalan para pemustaka dalam menggandakan bahan bacaan yang mereka butuhkan.

Seiring dengan berjalannya waktu dimana teknologi terus berkembang terjadi banyak perubahan dalam pemenuhan kebutuhan akan informasi, termasuk dalam hal menggandakan dokumen. Fungsi mesin fotokopi saat ini banyak tergantikan dengan smartphone. Pada gadget genggam ini telah tertanam kamera yang dapat menjadi alat untuk menangkap informasi dalam bentuk gambar. Selain itu dengan ditambahkan aplikasi scanner maka kamera smartphone dapat digunakan sebagai scanner yang dapat menyimpan informasi. Beberapa aplikasi scanner yang dapat diinstal di android antara lain CamScanner, Adobe Scan, Office Lens, dan sebagainya. Untuk aplikasi scan di iOS antara lain ada Scanbot dan Evernote Scannable. Beberapa kemampuan scanner tersebut diantaranya :

  1. Mampu menyimpan berkas dalam format JPG atau PDF
  2. Mampu mengenali teks secara otomatis dengan teknonolgi OCR.
  3. Mampu menafsirkan informasi dan menggunakannya untuk membuat kontak baru.
  4. Mampu mengonversi gambar menjadi file PDF, Word dan PowerPoint.
  5. Mampu mengenal pengenalan teks otomatis dalam banyak bahasa.

Saat ini mahasiswa di perpustakaan IAIN Kediri telah banyak memanfaatkan kamera serta aplikasi scanner yang ada di gadget mereka. Hal ini tentu telah banyak mengurangi pemanfaatan jasa layanan fotokopi yang telah lama berjalan dalam memberikan jasa penggandaan dokumen. Dari hasil wawancara dengan petugas layanan foto kopi di Perpustakaan IAIN Kediri ketika ditanya mengenai pemanfaatan layanan foto kopi oleh pemustaka diketahui bahwa pemanfaatan layanan fotokopi telah banyak berkurang.

“Dulu mahasiswa sering menggunakan jasa fotokopi. Tapi tugas mahasiswa berbeda antara yang dulu dengan sekarang, tugas sekarang mengandalkan teknologi bukan lagi fisik (dokumen). Kalau dulu dosen masih menggunakan fisik seperti menulis, membuat makalah dan sebagainya. Mahasiswa jarang memfotokopi mereka lebih mengandalkan hp android”.

Penulis juga bertanya kepada pemustaka mengenai apakah mereka memanfaatakan jasa layanan fotokopi atau memanfaatkan hp untuk menggandakan dokumen.

“Kalau pemustaka memerlukan data yang banyak untuk karya ilmiahnya maka mereka akan fotokopi namun jika hanya satu, dua halamam cukup difoto saja gak perlu difotokopi”

 Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan mahasiswa pengguna perpustakaan tersebut dapat diketahui bahwa telah memanfaatkan smartphone untuk mendokumentasikan informasi yang akan dibaca diluar perpustakaan. Penggunaan fotokopi hanya untuk keperluan tersentu saja yang memerlukan penggandaan lebih banyak.

Jika dicermati dari fenomena di atas bahwa telah terjadi berkurangnya pemanfaatan fotokopi yang tergeser fungsinya oleh smartphone. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi telah merubah pola pencarian, penyimpanan dan pemanfaatan informasi. Dengan demikian sudah seharusnya fenomena ini menjadi pendorong bagi perpustakaan untuk dapat beradaptasi dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka berbasis teknologi informasi sehingga dapat tetap memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pemustaka.

Bahan Bacaan

Panduan Perpustakaan STAIN Kediri Tahun 2015.

Nena Zakiah, Gak usah ribet, ini 7 aplikasi scanner terbaik untuk berkas pentingmu, diakses pada 20 Juli 2020. https://www.idntimes.com/tech/gadget/nena-zakiah-1/rekomendasi-aplikasi-scanner-terbaik/7

Wawancara dengan mahasiswa dan petugas fotokopi Perpustakaan IAIN Kediri pada 21 Juli 2020.

 

 

 

 

 

 

 

Oleh Achmad Muslih

Pustakawan Muda IAIN Kediri

About author