Perpustakaan Layani Informasi Digital di Masa Pandemi Covid – 19

Layanan di perpustakaan bertujuan untuk menyajikan informasi guna kepentingan peningkatan pelaksanaan proses belajar mengajar dan rekreasi bagi semua warga perguruan tinggi dengan mempergunakan bahan pustaka yang di milikinya, sebagai suatu lembaga jasa, keberhasilan perpustakaan sangat tergantung dari sistem dan pelaksanaan aspek layanannya kepada para pemakainya. Secara umum, perpustakaan yang berhasil adalah perpustakaan yang banyak di kunjungi oleh masyarakat pemakainya untuk memanfaatkan sumber-sumber informasi yang ada di dalamnya.

Perguruan Tinggi mempunyai perpustakaan yang dikelola dengan baik ditempatkan dalam ruangan yang cukup besar dengan fasilitas yang memadai dapat mengadakan “jam perpustakaan”. Ruang perpustakaan harus besar, sebab pada jam-jam tertentu mahasiswa tidak mempunyai mata kuliah dan bisa menggunakan waktunya untuk ke perpustakaan. Dunia perpustakaan saat ini tergantung dengan perkembangan teknologi informasi, dengan perkembangan koleksi dan beberapa sumber informasi dapat diakses dengan sangat cepat. Dan dengan perpustakan dapat membatu civitas akademika memenuhi kebutuhannya dalam hal pencarian koleksi yang terkait dengan disiplin ilmunya dan ilmu lainnya.

Mendukung proses belajar daring di tengah wabah covid-19, perpustakaan menyediakan sumber informasi yang representatif bagi mahasiswa dan dosen. Informasi digital berbasis daring ini dapat diakses, baik melalui aplikasi perpustakaan digital yang dapat diunduh di playstore. Perpustakaan digital dan laman tersebut sudah otomatis terhubung dengan seluruh perpustakaan perguruan tinggi se-Indonesia, serta Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Umum yang bernaung di bawah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Aktivitas layanan perguruan tinggi beraneka ragam jenisnya. Namun kebanyakan perpustakaan perguruan tinggi hanya memberikan layanan berupa peminjaman dan pengembalian bahan pustaka berupa buku. Adapun sumber informasi yang dapat diakses yaitu berupa e-book, jurnal, skripsi, dan sumber informasi ilmiah lainnya. Langkah ini sebagai bentuk kesiapan dan antisipasi Perpustakaan dalam menghadapi keterbatasan sumber informasi mahasiswa dan dosen selama masa pandemi Covid-19. Layanan informasi Perpustakaan selama masa pandemi ini total berbasis daring, hal ini dalam rangka mendukung proses pembatasan fisik yang digalakkan oleh pemerintah baik di tingkat daerah maupun nasional.

Kita semua berharap kondisi Covid-19 ini cepat pulih kembali, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan normal seperti semula. Selanjutnya dengan tersedianya sumber informasi daring tersebut dapat dimaksimalkan oleh mahasiswa dan dosen untuk mendukung proses pembelajaran daring di masa Covid-19.

Di samping menyedakan sumber informasi berbasis daring, Perpustakaan juga menyediakan layanan konsultasi daring bagi mahasiswa dan dosen yang kesulitan mengakses informasi digital, hal itu dapat dilakukan baik melalui sosial media, email, ataupun Whatsapp resmi perpustakaan.

Nurwarniatun, MH.

About author

“AYO.. KELUAR DARI TEMPURUNG!”

Secara berkelakar, beberapa hari lalu sempat terucap tanya,”Masak berkutat di pemenuhan kebutuhan dasar saja isi kepala kita?” dihadapan beberapa teman sesama pustakawan dalam sebuah perbincangan. ...