KETENTUAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM TATANAN NORMAL BARU

PENYESUAIAN PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

DASAR PEMIKIRAN
Surat Edaran Rektor IAIN Kediri, Nomor: B-201/In.36/OT.01.3/06/2020, tanggal 4 Juni 2020, tentang Sistem Kerja Pegawai dalam Tatanan Normal Baru di Lingkungan IAIN Kediri, dimaksudkan untuk menjadi pedoman/panduan bagi seluruh pegwai di lingkungan IAIN Kediri agar pelaksanaan tugas, fungsi dan pelayanan publik dapat beradaptasi dengan tatanan normal baru yang produktif dan aman dari COVID-19. Terdapat ketentuan dalam Surat Edaran ini bahwa untuk menjaga keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan Pegawai, perlu penyesuaian sistem kerja bagi Pegawai dalam tatanan normal baru dengan cara menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian.
Dinyatakan pula dalam Surat Edaran tersebut bahwa untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan pelayanan, pejabat yang berwenang ditingkat Fakultas/ Pascasarjana/ Biro/ Lembaga/ UPT dan unit kerja lainnya agar:
melakukan penyederhanaan proses dan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan;
memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan pelayanan, informasi, publikasi, konsultasi, dan pengaduan; dan
memastikan bahwa output dari produk pelayanan yang dilakukan secara online maupun offline tetap sesuai dengan standar yang telah ditetapkan; dan
memperhatikan jarak aman (physical distancing), kesehatan, dan keselamatan pegawai yang melakukan pelayanan langsung secara offline sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan
Perpustakaan adalah salah satu unit yang menyelenggarakan layanan publik yang dalam situasi normal identik dengan antrian, kerumunan orang, tanpa peduli dengan jarak antar-orang, yang ditengarai sebagai keadaan yang mempercepat penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, dalam tatanan normal baru selama pandemi ini, Kepala Perpustakaan IAIN Kediri perlu membuat ketentuan-ketentuan penyesuaian dalam hal pengelolaan layanan.

MAKSUD DAN TUJUAN
Rumusan ketentuan penyesuaian ini dimaksudkan untuk memberikan petunjuk kepada khalayak (pemustaka) tentang ketentuan-ketentuan pengelolaan layanan Perpustakaan IAIN Kediri dalam tatanan normal baru selama masa pandemi.
Ketentuan-ketentuan ini dibuat dengan tujuan untuk memastikan diterapkannya protokol kesehatan ketika memasuki, didalam, dan meninggalkan perpustakaan demi mencegah penyebaran COVID-19.

RUANG LINGKUP
Ketentuan pengelolaan layanan tatanan normal baru selama masa pandemi ini dibuat terutama pada ruang, layanan dan alur sedemikian rupa sehingga dapat memastikan diterapkannya protokol kesehatan dengan memperhatikan jarak aman (physical distancing) dan meminimalisir kerumunan. Diantaranya pada:
Konter Sirkulasi (Layanan Pengembalian)
Locker
Layanan Administrasi
Ruang Baca (Koleksi Umum, Referensi, dan Skripsi)
Konter Peminjaman Mandiri
Konter Cek Buku

KETENTUAN PENYESUAIAN PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN SELAMA PANDEMI

Ketentuan Umum:

  1.  Prioritaskan/ manfaatkan layanan perpustakaan secara -line untuk kebutuhan referensi Anda selama pandemi, melalui:
    https://kubuku.id/download/pustaka-digital-iain-kediri/
    http://etheses.iainkediri.ac.id/
    http://repository.iainkediri.ac.id/
    https://ipusnas.id/
  2.  Layanan perpustakaan dibuka SENIN – KAMIS pukul: 08.30 – 13.00
    HarI JUMAT digunakan untuk kegiatan maintenance ruang/fasilitas untuk pencegahan COVID-19.
  3. Apabila terpaksa harus berkunjung untuk meminjam buku, pastikan bahwa Anda:
    a. dalam kondisi sehat
    b. telah meng-akses http://opac.iainkediri.ac.id/opac/ dan mencatat ‘No. Panggil’ buku yang hendak dipinjam
    c. tidak menghabiskan waktu terlalu lama di ruang baca dalam membaca isi buku (maks. 15 menit).
  4.  Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 100 (seratus) orang yang sedang berada di dalam gedung. Berselang waktu tertentu, petugas akan mengingatkan pengunjung yang di dalam untuk segera meninggalkan ruangan atau melakukan peminjaman mandiri apabila terjadi antrian orang yang hendak masuk.
  5. Perpustakaan bukan tempat untuk sekedar menghabiskan waktu dalam situasi pandemi ini. Penataan dan pemanfaatan ruang dan fasilitas diatur sedemikian rupa agar pemustaka bijak memanfaatkan layanan dalam waktu yang terbatas. Ruang Belajar, Ruang Literasi, Musholla DITUTUP selama pandemi.
  6. Tentang Denda Keterlambatan. Libur layanan sebab pandemi terhitung sejak Senin, 16 Maret 2020, maka: Buku yang tanggal kembalinya mulai 16 Maret 2020 dan setelahnya TIDAK DIKENAKAN DENDA.
  7. Keterlambatan sebelum libur layanan tetap dikenakan denda, NAMUN besaran denda hanya dihitung sampai dengan sehari sebelum libur layanan;
  8. Perpanjangan Masa Pinjam : Untuk buku yang dipinjam setelah tangggal 15 Juni 2020 Permohonan perpanjangan bisa dilakukan secara on-line dengan syarat belum pernah diperpanjang dan belum terlambat. Pesan disampaikan ke Admin Perpustakaan via WhatsApp No 082223927780 isi pesan : “Mohon perpanjangan pinjaman buku atas Nama : …. NIM ….” . Pesan akan diproses / direspon pada jam kerja pukul 08.00-13.00 WIB.
  9. Cek Peminjaman Anda secara online dengan cara masuk ke http://opac.iainkediri.ac.id/ lalu Klik Cek Peminjaman Buku, Masukkan NIM dan Password, lihat pinjaman terkini.


PENUTUP

Demikian ketentuan ini disusun untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Terimakasih atas kerjasama dari seluruh pihak agar pelayanan dapat terlaksana dengan baik dan terjaga keselamatan serta kesehatan.

 

About author

Dibalik Indonesia Terserah; Mitologi Covid-19

Beberapa hari lalu, akun sosial media diramaikan oleh postingan “Indonesia? terserah”. Menariknya, unggahan foto ini bersumber dari Twitter tenaga medis. Walhasil, postingan ini menjadi tranding ...