Agar Dapat Memanfaatkan Perpustakaan Dengan Baik dan Benar, Sebanyak 2924 Mahasiswa Baru IAIN Kediri Mengikuti Orientasi Perpustakaan

0

Saat menjadi mahasiswa baru, seseorang seperti memasuki ‘dunia baru’. Identik dengan momen penyadaran/ pemahaman baru (awareness). Juga sarat dengan rasa ingin tahu (curiosity). Termasuk, ketika menyadari/ memahami bahwa faktor terbesar penentu keberhasilan studi-nya adalah kemampuan atau ketrampilan meng-akses dan memanfaatkan secara mandiri ragam literatur yang relevan dengan bidang studi yang ia geluti. Namun, berdasarkan pengalaman tentang keberadaan dan seluk beluk perpustakaan sekolah sebelumnya dan kenyatan tentang keberadaan, peran dan fungsi perpustakaan sekarang, tentu timbul keingin-tahuan mereka: ‘Apa saja yang bisa dimanfaatkan demi kelangsungan dan keberhasilan studiku?’, ‘Bagaimana caranya?’. Maka dari itu,  inilah momen yang tepat dan layak bagi mereka untuk memperoleh informasi yang baik dan benar melalui orientasi yang disampaikan langsung dari sumbernya, yaitu pustakawan dan/ atau para pengelola perpustakaan lainnya.

Maksud kegiatan ‘Orientasi Perpustakaan IAIN Kediri Tahun 2019’ adalah pemaparan materi tentang perpustakaan (materi orientasi) kepada mahasiswa baru 2019, termasuk segala rangkaian pekerjaan sebelum dan sesudahnya yang diselesaikan secara terstruktur dan sistematis oleh pengelola perpustakaan atau panitia yang dibentuk demi mencapai tujuan. Tujuannya yaitu :

  1. menjadikan mahasiswa baru 2019 memahami dan dapat mempraktekkan pemanfaatan perpustakaan dengan BAIK dan BENAR;
  2. menerimakan Kartu Anggota Perpustakaan kepada mahasiswa yang bersangkutan.

‘Orientasi Perpustakaan Tahun 2019’ dilaksanakan dalam 2 (dua) bagian. Bagian pertama adalah pemaparan tentang peran dan fungsi perpustakaan pada perguruan tinggi. Bagian kedua adalah pemaparan tentang fasilitas dan layanan perpustakaan berikut cara memanfaatkannya.

Bagian pertama disampaikan dihadapan seluruh mahasiswa baru 2019 masing-masing fakultas yang waktu dan tempat pelaksanaannya menyesuaikan dengan pelaksanaan orientasi tingkat fakultas.

Bagian kedua dilaksanakan tanggal 9 – 17 September 2019.  Memanfaatkan 2 (dua) ruang layanan di lantai 1 perpustakaan, yaitu: ruang belajar dan musholla. Setiap hari di setiap ruang terdapat 3 (tiga) sessi. Setiap sessi diisi 2 (dua) kelas. Kelas dimaksud adalah pembagian kelas dari fakultas. Apabila dihitung maka terdapat 40 Sessi kelas orientasi perpustakaan.

Pemateri pada kegiatan orientasi perpustakaan terdiri dari para pustakawan IAIN Kediri sebanyak 12 Pustakawan. Adapun materi yang disampaikan meliputi pengenalan gedung dan fasilitasnya, koleksi perpustakaan dengan berbagai jenis dan klasifikasinya, pegawai perpustakaan dengan tugas yang dilaksanakannya, dan berbagai panduan dan tata tertib dalam menggunakan layanan perpustakaan. Seluruh materi disampaikan melalui dua metode yaitu metode presentasi dan library tour. Pemateri menyampaikan poin penting dalam kelas dengan metode caramah dan Tanya jawab. Kemudian pada paruh waktu kedua mahasiswa diajak keliling perpustakaan untuk mengenal secara fisik Perpustakaan IAIN Kediri. Para mahasiswa mendapatkan buku panduan, materi, sekaligus kartu perpustakaan yang digunakan sebagai “kunci” masuk perpustakaan dan mereka dapat “membuka jendela dunia” dengan membaca buku-buku yang terdapat di Peprustakaan IAIN Kediri. (Sumber: Laporan Kegiatan Orientasi Perpustakaan 2019).

About author

No comments